Definisi Revolusi Industri :
Singkat kata, adalah sebuah perubahan besar yang radikal terhadap pola produksi barang. Dimana Perubahan Besar ini sudah terjadi tiga kali, dan saat ini kita sedang berproses dalam revolusi industri yang keempat.

Fenomena Perubahan Besar ini, selalu diikuti oleh perubahan besar dalam bidang ekonomi, politik, bahkan militer dan budaya. Sudah pasti ada jutaan pekerjaan lama menghilang, dan jutaan pekerjaan baru yang muncul.

Apa itu Revolusi Industri 4.0
Konsep “Industri 4.0” pertama kali digunakan secara umum, dalam pameran industri Hannover Messe di kota Hannover, Jerman di tahun 2011. Sebenarnya  ide “Industri 2.0” dan “Industri 3.0” baru juga muncul, yang dikenal dengan  “Revolusi Teknologi” dan “Revolusi Digital”. 

Sementara yang namanya Revolusi Industri memiliki benang merah, antara yang baru dengan yang sebelumnya. Misalnya saja, jika kita meniliki pada Industri 2.0, dengan logika dasar, bahwa Revolusi 2.0 tidak akan muncul, selama kita masih mengandalkan otot, angin, dan air untuk produksi. Sementara Revolusi Industri 3.0 intinya meng-upgrade lini produksi dengan komputer dan robot. Dan, Revolusi Industri 4.0 pasti masih  menggunakan komputer dan robot sebagai dasarnya. 

Pertama

Internet yang kini sudah menghubungi semua komputer tersambung ke sebuah jaringan bersama. Hal inilah yang merupakan bagian pertama dari revolusi industri keempat. Saat dimana komputer-komputer yang ada di pabrik, dapat tersambung ke internet, saat setiap masalah yang ada di lini produksi dapat langsung diketahui pada waktu yang sama oleh pemilik pabrik, di manapun si pemilik berada!

Kedua

Kemudian diikuti dengan besar komputer yang semakin kecil, lalu diikuti dengan munculnya smartphone, yang senantiasa membuat kita terhubung dengan dunia luar, kapanpun, dimanapun kita berada, yang merupakan instrumen penting dalam revolusi industri 4.0.

Selain daripada itu, kemajuan teknologi juga menciptakan 1001 sensor baru, yang dapat dimanfaatkan untuk merekam segalanya selama 247. Informasi yang didapat melalui 1001 sensor, dapat digunakan untuk memonitor dan merekam hal-hal yang menyangkut dengan kinerja karyawan manusia.

Hal tersebut ditunjukan oleh kinerja software dan hardware, sehingga dapat melacak gerakan semua dan setiap karyawan selama berada di dalam pabrik. Dan karena begitu banyaknya ragam maupun jumlah data baru yang masuk, aspek ini sering disebut Big Data.

 

Sumber :  dari barbagai sumber

Foto : Istimewa