Sehat Pedia

Tidur

10 Saran Menghilangkan Insomnia

Apa  yang akan Anda lakukan ketika susah memejamkan mata? Mengidap Insomnia memang menyiksa, terlebih bagi Anda yang memiliki banyak kegiatan di pagi hari.

10 tips yang dapat Anda coba:

  1. Jangan memaksakan diri untuk tidur. Tidurlah saat Anda mulai mengantuk. Jika belum, hindari memaksakan diri Anda untuk memejamkan mata.
  2. Tidurlah yang cukup. Kurang tidur, ataupun terlalu banyak tidur sama-sama membuat tubuh kurang bertenaga di pagi hari.
  3. Biasakan untuk bangun di jam yang sama setiap harinya, termasuk di akhir pekan.
  4. Rutin berolahraga. Aerobik 4-6 jam sebelum tidur mampu melancarkan peredaran darah dan membuat tidur Anda lebih nyenyak. Berolahragalah hanya pada 4-6 jam sebelum tidur. Lebih dari itu, tidak akan berpengaruh pada kualitas tidur, sedangkan olahraga di bawah 4 jam sebelum tidur dapat menyebabkan susah tidur karena suhu tubuh masih terasa panas.
  5. Hindari produk berkafein 6 jam sebelum tidur. Kafein tidak hanya terkandung dalam kopi, tapi juga teh, cola, cokelat, dan rokok.
  6. Tidurlah di ruangan yang mempunyai sirkulasi udara yang baik, dan sejuk. Ruangan bersuhu hangat dapat menyebabkan sulit tidur, karena tubuh menjadi gelisah menahan gerah.
  7. Ngemil tengah malam. Rasa lapar dapat mengganggu tidur Anda. Ngemil makanan ringan menjelang tidur, boleh-boleh saja. Asalkan tidak makan dengan porsi besar. Makan besar sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan.
  8. Hindari ketergantungan pada obat tidur, karena keseringan mengkonsumsinya, justru lama-kelamaan obat tidur tidak lagi mempan.
  9. Hindari tidur siang, karena tidur di siang akan membuat Anda sulit mengantuk di malam harinya.
  10. Segera bangun dari tempat tidur, hindari bermalas-malasan di tempat tidur. Bangunlah segera setelah Anda bangun.