Sehat Pedia

Gunana Jengkol Caram Kiih Amis & Jajantung Koroner

JengkolJengkol mempunyai berbagai khasiat yang sangat baik untuk kesehatan, karena jengkol mengandung serat yang sangat tinggi, asam jengkol, dan mineral. Adapun  khasiat dari jengkol menurut para ahli kesehatan adalah obat alami untuk, antara lain :

Mencegah penyakit diabetes atau kencing manis karena mengandung asam dan mineral

  • Mencegah jantung koroner
  • Kandungan serat yang sangat tinggi pada jengkol, berkhasiat memperlancar pembuangan air besar atau cuci perut

Catatan :
Jangan makan jengkol terlalu banyak, karena bisa menyebabkan jengkolan

Ciri-ciri Jengkolan :

  • Merasakan nyeri perut
  • Mual-muntah
  • Susah buang air kecil atau disebut juga ‘Anyang-anyangan’.
  • Pada tingkatan yang lebih parah, volume air kencing yang dikeluarkan berkurang dan kadang-kadang disertai bercak darah.

Jika hanya merasakan nyeri perut, muntah dan susah buang air kecil, mengatasinya cukup dengan minum air putih sebanyak-banyaknya. Ada juga yang menyarankan gerusan arang yang ditambahkan dalam air putih, untuk diminum agar bisa menyerap racun jengkol yang masih berada di saluran pencernaan.

Namun jika sudah disertai kencing darah dan tidak doyan minum, maka sebaiknya dibawa ke dokter atau rumah sakit terdekat. Biasanya dokter akan memberi infus natrium bikarbonat, untuk menyeimbangkan komposisi kimia dalam tubuh usai keracunan asam jengkolat.

Sumber : Berbagai Sumber di Internet sebagai referensi (situs online google, Wikipedia, facebook, blogspot, kompasiana, dlsb)