Sehat Pedia

Kenari Memelihara Jantung

KenariBerbagai penelitian menunjukkan orang yang rutin mengkonsumsi Kacang Kenari, memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) yang rendah dalam darah.

Kadar LDL yang tinggi menyumbang risiko tinggi pada penyakit jantung.

Selain mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah yang bisa memicu serangan jantung fatal, kacang juga meningkatkan kesehatan pembuluh arteri.

Walaupun ada banyak ragam dan jenis Kacang Kenari, tetapi para ahli sepakat, bahwa Kacang Kenari pada dasarnya mengandung tiga kandungan yang penting untuk jantung, antara lain:

-Asam lemak tak jenuh
Kandungan lemak baik dalam Kacang Kenari, baik asam lemak monounsaturated dan polyunsaturated mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

- Asam lemak omega-3
Kacang Kenari kaya akan asam lemak omega-3 yang efektif mencegah berbagai penyakit jantung. Selain pada kacang, omega-3 juga bisa kita dapatkan pada ikan.

- L-arginine
Kacang Kenari juga kaya l-arginine, senyawa yang membantu kesehatan dinding pembuluh darah dengan membuatnya lebih fleksibel dan tak gampang tersumbat.

- Serat
Seluruh jenis Kacang Kenari mengandung serat yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Serat juga akan membuat kita lebih mudah merasa kenyang sehingga kita tak akan makan berlebihan.

- Vitamin E
Meski belum terlalu jelas namun para ahli menduga vitamin ini membantu perkembangan plak di arteri yang bisa menimbulkan penyempitan yang berujung pada rasa sakit di bagian dada atau serangan jantung.

- Sterol tumbuhan
Sterol tumbuhan (plant sterol) adalah senyawa organik yang efektif menurunkan kolesterol. Biasanya senyawa ini ditambahkan pada berbagai produk seperti margarin untuk menambahkan manfaat kesehatan.