Error
  • The template for this display is not available. Please contact a Site administrator.

Gunana Bayem dengan Berbagai Manfaat

BayamWalau jenis bayam bermacam-macam, semua bayam memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Bayam

Sayur bayam adalah salah satu sayuran yang  terkenal memiliki kandungan zat besi (Zn) yang sangat tinggi. Selain itu, bayam memiliki kandungan mineral lain, contohnya kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan mangan.
Sayur bayam juga memiliki kandungan vitamin yang sangat bagus, misalnya vitamin A, B2, B6, C, E, dan juga vitamin K yang memang banyak terdapat pada sayuran hijau.

Selain mineral dan vitamin, bayam kaya akan karbohidrat, protein, lemak, serat pangan (fiber), dan beberapa komponen kimia yang sangat menguntungkan bagi konsumennya.

Manfaat Sayur Bayam

  • Kandungan vitamin A-nya pada bayam sangat bagus untuk kesehatan mata Anda. Jika Anda ingin penglihatan tidak mudah rabun, sayur bayam adalah salah satu sayuran yang baik dikonsumsi.
  • Vitamin B-nya sangat berperan dalam perkembangan otak dan membantu metabolisme tubuh. Sedangkan vitamin C-nya yang cukup tinggi, mampu menjaga kekebalan/daya tahan tubuh serta memperbaiki sel-sel jaringan yang rusak.
  • Vitamin K adalah vitamin yang paling terkenal pada sayur bayam ini. Berperan penting dalam proses pembekuan darah bila terjadi luka.
  • Mengkonsumsi sayur bayam juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit stroke.manfaat sayur bayam yang satu ini juga tak lepas dari peran vitamin K. Vitamin K mampu menjaga pembuluh-pembuluh darah tubuh agar tidak mengeras karena adanya penumpukan kalsium.
  • Anda ingin tampak awet muda? Sayur bayam bisa menjadi makanan pilihan yang tepat bagi Anda. Kandungan vitamin K dan E-nya mampu menjaga kualitas sel-sel tubuh dan memperbarui yang rusak, sehingga gejala penuaan dini bisa terhambat dengan baik.
  • Manfaat sayur bayam yang lain terletak pada kandungan zat besinya. Zat besi ini sangat berguna untuk pembentukan sel darah merah di dalam tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang anemia atau kurang darah.
  • Bayam juga bisa menjadi makanan paling tepat bagi wanita yang sedang menstruasi, karena pada saat ini wanita akan banyak mengeluarkan darah. Bagus juga bagi ibu-ibu yang baru melahirkan.
  • Sayur bayam memiliki zat anti kanker dan anti oksidan, contohnya adalah flavonoid. Komponen kimia ini sangat berguna dalam melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Dimana radikal bebas ini bisa menyebabkan kerusakan sel sehingga timbul penyakit berbahaya, misalnya kanker.
  • Kandungan mineralnya seperti kalsium dan fosfor, sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang tubuh dan gigi agar tetap sehat dan kuat. Mineral ini juga baik untuk menghindari problem osteoporosis atau tulang keropos.
  • Sayur bayam juga mampu untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, misalnya asma, menurunkan kolesterol, menghindari badan lesu, dan juga bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut dan kulit kepala.

Sumber : www.anneahira.com

Catatan :

Sayur-sayur yang disarankan, hanya sayur-sayur lokal. Hal ini mengingat kandungan sayuran lokal yang tumbuh di tanah Nusantara yang kaya dengan mineral ini sangat berpengaruh pada kandungan buah itu sendiri.

Ingat, betapa Ikan Salmon Atlantik begitu dicari oleh orang-orang yang menginginkan kesehatan bagi matanya.