Sehat Pedia

Cara Alami Mengatasi Panas Dalam

Cara Alami Mengatasi Panas DalamPanas Dalam (Misnomer) adalah panas yang menyerang esofagus bagian bawah, yang kemudian menyebabkan rasa sakit, bibir pecah-pecah, mata merah, meriang, dan lidah terasa pahit.

Indikasinya; Tenggorokan terasa panas, Merasa haus terus dan ingin banyak minum air, Terasa sakit untuk menelan makanan atau minuman terutama pada waktu bangun tidur, Tubuh terasa lemas dan lesu (kurang tenaga).

Cara mengatasinya :

  • Anda bisa gunakan kacang hijau, rebus dua genggam kacang hijau dengan air, tambahkan dua ruas jahe dan gula batu secukupnya, minum dua kali sehari akan mengurangi panas dalam anda.
  • Cara kedua adalah menggunakan rambut jagung yang msih muda , caranya rebus segenggam rambut jagung dengan air , tambahkan sedikit jahe, dan gula batu, saring, minum airnya sehari sekali saja, lakukan hingga sembuh.
  • Gunakan air kelapa hijau muda dengan madu, caranya campur 1 buah air kelapa dengan 3 sdm madu asli, minum sehari sekali saja.
  • Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan telor ayam kampung , satu sendok madu dan sedikit sari kunyit, minum dengan sekali tegukan, dan istirahat cukup.
  • Daun Prasman / Raja panah  (secukupnya) tambah Air (secukupnya), selanjutnya Seduh daun prasman dengan air panas, lalu disaring. Minum ramuan tersebut 3x sehari.

Penyebab panas dalam biasanya dikarenakan makan terlalu cepat, terlalu banyak mengkonsumsi daging, coklat, bawang, kopi, minuman beralkohol dan juga merokok.

Sumber : Berbagai Sumber di Internet sebagai referensi (situs online google, Wikipedia, facebook, blogspot, kompasiana, dlsb)

Catatan :

Tanaman yang disarankan, hanya tanaman lokal. Hal ini mengingat kandungan tanaman lokal yang tumbuh di tanah Nusantara yang kaya dengan mineral ini, sangat berpengaruh pada kandungan tanaman itu sendiri.

Ingat, betapa Ikan Salmon Atlantik begitu dicari oleh orang-orang yang menginginkan kesehatan bagi matanya.