Error
  • The template for this display is not available. Please contact a Site administrator.

Destinasi Wisata Tanah Impian Desa Malasari Kec. Nanggung Kab. Bogor

Desa Malasari hingga kini masih berupa hutan hujan tropis yang menyimpan beragam Flora dan Fauna, merupakan suguhan keindahan dan keunikan tersendiri bagi sebuah desa pada saat ini, dimana kebanyakan desa yang dekat kota, biasanya sudah menjadi cerminan masyarakat industri.

Aktivitas masyarakat desa yang masih didominasi oleh petani tradisional, membuat lengkap pemandangan masyarakat Nusantara yang berkearifan lokal, tidak seperti desa-desa yang sudah banyak terpengaruh oleh budaya barat.

Kekayaan yang terkandung didalamnya dengan buah karya mayarakat Malasari pada masa lampau mencerminkan bentuk interaksi bangsa Nusantara yang belum terkontaminasi oleh budaya barat, sehingga mengingatkan kitan pada sumber daya budaya dan adat istiadat kita yang sesungguhnya, sebelum terpengaruh oleh  budaya barat.

Sebaran atraksi Wisata Desa Malasari merupakan kombinasi lanskap geografis yang menjadi bentang alam nan indah dan unik, formasi vegetasi yang menutupi kawasan Halimun sebagai kawasan Konservasi Alam.

Lanskap buatan yang berupa Perkebunan Teh Nirmala, dan Persawahan Terasering yang tertata sedemikian rupa, ditambah dengan kondisi geografi alami Desa Malasari yang memiliki banyak Curug, membuat suguhan pemandangan indah yang eksotis.

Potensi biodiversity di TNGHS yang sangat tinggi, merupakan perwakilan ekosistem hutan tropis. Jenis anggota suku Dipterocarpaceae adalah tumbuhan yang mencirikan Hutan Hujan Dataran Rendah, serta adanya satwa-satwa yang mencirikan Taman Nasional menjadi daya tarik pariwisata Desa Wisata Malasari adalah Owa Jawa, Macan Tutul, dan Elang Jawa (Seperti Cerita Nabi Nuh dalam Al Quran), dan Kukang.

Tradisi pertanian masyarakat dengan berbagai aktivitas pendukung kegiatan bercocok tanam yang masih terjaga dengan baik, antara lain; seperti adanya Upacara Seren Taun, Sedekah Bumi sebagai perlambang rasa syukur manusia terhadap Tuhan yang telah memberikan rezeki melalui Bumi. Upacara yang dirayakan setiap tahunnya merupakan daya dukung tradisi masyarakat terhadap pengembangan kepariwisataan di sektor budaya, yang dapat dijadikan agenda kunjungan wista tahunan daerah ini.

Sementara masih banyak nilai jual wisata dari daerah ini, seperti terdapatnya tempat bersejarah yang telah menjadi simbol-simbol berartinya Malasari dalam sejarah peradaban manusia. Antara lain; Pendopo Boepati 1947 yang menjadi cikal bakal Pemerintah Kabupaten Bogor, dan beberapa benda peninggalan yang cukup tua, hal itu menjadi daya dukung warisan budaya masyarakat Malasari sebagai pembangkit kepariwisataan Desa Wisata Malasari .

Ayo lestarikan Budaya Luhur Bangsa ini, dengan tetap menjaganya, dengan tidak terpengaruh oleh budaya barat yang selalu membuat kita jadi orang asing di negeri kita sendiri. Hal ini bisa dimulai oleh agitasi budaya barat yang akan men sirik-sirikan hal-hal seperti; adanya Upacara Seren Taun, Sedekah Bumi sebagai perlambang rasa syukur manusia terhadap Tuhan yang telah memberikan rezeki melalui Bumi.