Sehat Pedia

Desa Sukamanah Megamendung Wakili Pemkab Bogor Dalam Lomba Desa

Suatu Kebanggaan di peroleh Kabupaten Bogor pada lomba Desa/Kelurahan tahun 2013 setelah sebelumnya meraih juara dalam lomba desa/kelurahan tingkat provinsi kali ini Desa Sukamanah Kecamatan Megamendung mewakili jawa Barat untuk mengikuti Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun ini.Jumat (12/7), Desa Sukamanah Kecamatan Megamendung didatangi Tim penilai lomba desa Tingkat Nasional. Rombongan tim penilai yang diketuai oleh Romli hutajulu Direktur Jendral (Dirjen) pemberdayaan masyarakat desa dari Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia berserta 5 anggota tim penilai, diterima PLH Sekda Kabupaten Bogor Adang Suptandar, bersama Ketua TP PKK Kabupaten Bogor Hj. Elly Rachmat Yasin dan sejumlah tokoh agama juga masyarakat serta aparatur pemerintahan mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa.

Saat menerima tim penilai lomba desa tingkat Nasional Adang Suptandar menjelaskan bahwa kondisi Kabupaten Bogor senantiasa mengalami trend peningkatan dari tahun ke tahun, sebagai dampak positif dari upaya pembangunan dalam berbagai bidang yang terus dilakukan secara intensif berkesinambungan dan berkelanjutan. “pada Indeks Pencapaian Manusia (IPM) Kabupaten Bogor pada tahun 2012 sebesar 73,46 poin merupakan sesuatu yang singnifikan karena pada tahun 2011 IPM Kabupaten Bogor baru mencapai angka 72,88 poin, pencapaian ini memotivasi kami untuk terus berkerja keras daan berkerja cerdas mencapai target IPM 74,03 Poin pada tahun 2013, ”Ungkapnya.

Ditambahkan oleh PLH Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor,beberapa pertimbangan yang mendasari terpilihnya Desa Sukamanah mewakili Kabupaten Bogor dalam lomba desa tahun ini antara lain yaitu, telah berhasil membangun keterbukaan kebersamaan dan kerjasama antara BPD, lembaga kemasyarakatan yang ada didesa dan berbagai elemen masyarakat setempat. Kemudian telah mampu menggali potensi sumber pendapatan desa melalui pembentukan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) atau lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa, sehingga memberikan kontribusi dalam peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD) sebagai salah satu hasil usaha yang setiap tahun memberikan pemasukan terhadap APBDES dan hingga saat ini asetnya tidak kurang dari Rp. 1,2 Milyar.

Menurutnya, Kiranya hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi tim penilai lomba desa/kelurahan untuk menempatkan Desa Sukamanah Kecamatan Megamendung dalam posisi terhormat pada pelombaan desa tahun 2013 dan memberikan yang terbaik dalam perlombaan Desa Tingkat Nasional Tahun 2013. “Kami memiliki harapan untuk menempatkan Desa Sukamanah sebagai Desa terbaik Tingkat Nasional guna menunjang terciptanya peningkatan kualitas kehidupan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya melalui pengembangan program Desa sehat, Desa Cerdas dan Desa Raharja yang mengarah pada pembinaan Desa Mandiri“ Harapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Romli Hutajulu mengatakan bahwa, lomba desa ini bertujuan untuk mengevaluasi secara menyeluruh dan terpadu kegiatan pembangunan desa baik yang bersumber dari keuangan pemerintah maupun swadaya masyarakat dalam rangka memotivasi dan mengapresiasi budaya gotong royong.Selain itu, lanjutnya, kegiatan lomba desa ini juga merupakan perubahan paradigma dari membangun desa kepada desa membangun. Dimana, paradigma desa membangun adalah mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) untuk membangun desanya, secara swadaya sedangkan pemerintah berfungsi mengarahkan. Penilaian lomba desa lebih dititik beratkan pada kinerja aparat dan masyarakat dalam membangun desa.

Sumber : http://potretbogorcom.blogspot.com