Sehat Pedia

Waduk Gunung Bubut untuk PLTA Kracak

Dibangunnya Waduk Gunung Bubut sehubungan dengan dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kracak. Waduk ini dimaksudkan untuk tempat Kolam Tando Air (KTA), agar turbin PLTA dapat berputar sepanjang tahun, sehingga PLTA ini dapat terus menyuplai listrik ke konsumennya secara berkesinambungan, tanpa putus.

Pembangunan waduk dapat dipastikan jauh sebelum PLTA Kracak mulai beroperasi pada tahun 1926. Menurut perkiraan pembangunan waduk ini paling tidak selesai pada tahun 1925.

Dari pihak PLTA Kracak, secara resmi menamakan waduk ini dengan istilah Kolam Tando Air (KTA). Di lain pihak, jauh sebelum penamaan KTA tersebut,  masyarakat setempat sudah mengenal tempat ini sebagai nama Gunung Bubut. Hal ini bisa jadi, karena pembangunan waduk dilakukan dengan cara membubut (menggali/melubangi) gunung (bukit), sehingga sebutan nama waduk dengan Waduk Gunung Bubut, berawal dari gunung yang dibubut, lebih membekas dibanding sebutan Kolam Tando Air PLTA Kracak.

Waduk ini terletak di Kampung Karacak, Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang, atau +. 300 meter dari pinggir jalan kabupaten Leuwiliang – Puraseda, dan + 5 kilometer dari kantor kecamatan Leuwiliang.

Waduk ini yang berada di ketinggian 388 m dpl ini, dapat menampung air hingga 187.000 m³ dengan ketinggian 7, 25 m, dibangun dengan konstruksi beton, dengan luas areal permukaan mencapai 42.000 m², dan dengan luas dasar  35.000 m².

Untuk sistem pengamanan, waduk ini melengkapi jalur limpasan air atau spillway. Jadi jika terjadi keadaan over capacity, air yang berlebih bisa dialirkan melalui jalur ini, langsung menuju sungai Cianten.

Untuk mencapai lokasi Waduk Gunung Bubut, dari Jalan Karacak kita dapat berjalan kaki menyusuri jalan kecil di sisi jalur pipa. Kontur jalannya cenderung menanjak dan puncaknya kita akan melewati tanjakan terjal dengan sekitar 200 anak tanggga menuju waduk ini.

Di sekitar waduk kita akan menjumpai ruang terbuka berupa taman yang tertata rapi. Di samping itu, di sepanjang sisi-sisi waduk dibuat walking track atau jalur pejalan kaki, yang pada kenyataannya bisa juga dilalui oleh pengendara sepeda motor. Tidaklah mengherankan jika waduk ini sering dijadikan  tempat Edu Wisata, bagi masyarakat setempat, maupun para pendatang, terutama pada masa liburan sekolah.