Sehat Pedia

Bunga Melati untuk Kesehatan

Selain digunakan sebagai esen pengharum, sebagai campuran minuman teh, melati juga bermanfaat untuk berbagai keperluan.

Kandungan kimia dalam bunga dan daunnya seperti indol, benzyl, livalylacetaat. Kegunaan Bunga Melati, antara lain :

  • Menghentikan ASI yang keluar berlebihan. Caranya, ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan di seputar buah dada, setiap pagi sebelum mandi.
  • Sakit mata. Penyakit mata yang ringan seperti mata merah atau belek karena iritasi, bisa diatasi dengan segenggam daun melati. Caranya, ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan pada dahi. Bila sudah mengering ganti dengan yang baru. Ulangi sampai sembuh.
  • Bengkak akibat serangan lebah. Caranya, ambil 1 genggam bunga melati, remas-remas sampai halus, kemudian tempelkan pada bagian yang tersengat lebah.
  • Demam dan sakit kepala. Ambil 1 genggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati. Campur semua bahan, remas-remas dengan tangan, kemudian direndam dengan air dalam rantang. Cara menggunakannya, air rendaman ini digunakan untuk kompres dahi.
  • Demam berdarah. Rebus 7 lembar daun melati dan 1,25 gram belimbing dalam 250 ml air hingga menjadi 1 gelas air saja. Setelah dingin, saring dan minumkan pada penderita demam berdarah. Lakukan 3 hari berturut-turut dengan dosis 8 gelas per hari.

Sumber : Berbagai Sumber di Internet sebagai referensi (Situs Online Google, Wikipedia, Facebook, Blogspot, Wordpress, Kompasiana, dlsb)

Perlu Dicamkan :
Tumbuhan / Hewan yang disarankan, hanya Tumbuhan Lokal / Hewan Lokal. Hal ini mengingat kandungan Tanaman Lokal / Hewan Lokal yang tumbuh dan hidup di tanah Nusantara yang kaya dengan mineral ini, sangat berpengaruh pada kandungan Tumbuhan / Hewan itu sendiri.

Ingat, betapa Ikan Salmon Atlantik begitu dicari oleh orang-orang yang menginginkan kesehatan bagi matanya