Sehat Pedia

Bangunan SMP Negeri Tiga Gunung Sindur Kabupaten Bogor ambruk

Sedikitnya dua bangunan di SMP 3 Gunung Sindur Desa Rawa Kalong RT 01 RW 09 Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor ambruk, Kamis sore lalu. Tokoh Masyarakat setempat, Wardi, menjelaskan ambruknya bangunan itu terjadi kamis sore lalu, tiba–tiba saja terdengar suara dentuman keras dari bangunan di sisi samping. Suara dentuman keras tersebut, membuat warga kaget dan berlarian ke sumber suara karena ingin mengetahui kejadian tersebut.

"Ketika warga melihat, didapati atap bangunan sudah rata dengan tanah, bahkan beberapa kayu dan bangku yang berada di dalam bangunan pun rusak akibat tertimpa atap bangunan dan tembok," jelas wardi.

Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Sebab sekolah dalam masa libur kenaikan kelas.  Masih kata, Wardi, bangunan yang ambruk itu diketahui baru saja dibangun sekitar tiga tahun lalu, sehingga Wardi, tidak mengerti mengapa bisa ambruk rata dengan tanah. Sedangkan bangunan lain yang sudah berumur 6 tahun tetapi masih kokoh berdiri.

Menyikapi kejadian itu, Humas Disdik Kabupaten Bogor Rony Kusmaya, menjelaskan bangunan yang ambruk merupakan ruang perpustakaan yang tidak dibangun oleh APBD dan APBN, sehingga kemungkinan berasal dari swakelola sekolahan. Sedangkan untuk memperbaiki ruang itu masih dicari sumber dana, bila memungkinkan akan dimasukan dalam Dana Alokasi Khusus 2011 yang mulai dicairkan 2012.

Sementara itu untuk bangunan ruang kelas sudah masuk dalam program tersebut, sehingga seluruh bangunan di SMP 3 Gunung Sindur sudah layak pada tahun ajaran baru.

Sumber : bogoronline.com