Error
  • The template for this display is not available. Please contact a Site administrator.

Akhir 2013, Pembangunan Tol Ciawi-Sukabumi Dimulai

Pembangunan fisik Jalan Tol Ciawi-Sukabumi akan dimulai akhir 2013. Saat ini, pembebasan tanah sudah mencapai 40 persen.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, meminta semua pihak untuk menyukseskan pelaksanaan pembangunan ruas Jalan Tol Ciawi-Sukabumi.

“Jalan Tol Ciawi-Sukabumi sangat dinantikan warga Jabar, sehingga penyelesaiannya harus segera dipercepat,” kata Aher, Rabu (6/2/2013).

Dia melanjutkan, pembangunan jalan tol tersebut diharapkan dapat mengurai kemacetan rute Jakarta dan Bandung yang melalui Puncak, Bogor, serta Sukabumi dan sekitarnya.

Menurutnya, jalan tol membantu pengembangan kawasan melalui peningkatan aksesibilitas hingga mendorong pemerataan pembangunan di Jabar.

Dia juga mengimbau kepada perangkat desa untuk membantu dalam proses pengadaan tanah jalan. Di antaranya menyosialisasikan kepada masyarakat yang terkena dampak pembangunan jalan tol.

Pada Selasa, 5 Februari 2013, Pemprov Jabar sudah menggelar pertemuan dengan stakeholders, termasuk PT Trans Jabar Toll sebagai pemegang konsesi Jalan Tol Ciawi-Sukabumi di Kota Bogor. Pertemuan itu juga dihadiri kepala desa yang wilayahnya terkena pembangunan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi.

Pada pertemuan itu ditandatangani kesepakatan bersama dalam mewujudkan komitmen untuk mempercepat realisasi pembangunan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi.

Panjang jalan Tol Ciawi-Sukabumi mencapai 54 kilometer, dimulai dari akses Ciawi Tol Jagorawi hingga Sukaraja, Kota Sukabumi, yang keseluruhannya dibagi menjadi sempat seksi, yakni: Seksi I, Ciawi-Cigombong (15 km), Seksi II Cigombong-Cibadak (12 km), Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat (14 km), dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13 km).

Bentang jalan tol tersebut melewati empat kabupaten/kota, yakni Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Sukabumi.

Sumber : http://www.kabarjabar.com