Sehat Pedia

Caringin

Menelusuri Pencak Silat di Desa Cimande Kec. Caringin Kab. Bogor

Desa Cimande terletak di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Dari sinilah munculnya jawara-jawara pencak silat. Hal ini dikarenakan Desa Cinagara dipercaya sebagai asal muasal aliran Pencat Silat Cimande. Hal ini dikarenakan di sini terdapat laladan Cimande, sebuah laladan yang menjadi asal muasal aliran pencak silat Cimande, yang banyak mengandalkan kelihaian gerak tangan. 

Kecamatan Caringin Bogor

Kecamatan Caringin merupakan salah satu Kecamatan yang berada di Kabupaten Bogor bagian selatan dari 40 Kecamatan yang awalnya pemekaran dari Kecamatan Ciawi sekitar tahun 1981 dengan jumlah Desa sebanyak 8 Desa yang pada perkembangannya menjadi 12 Desa.
Kecamatan Caringin memiliki luas wilayah 5.729,9  Ha, terletak di antara dua gunung yaitu Gunung Pangrango dan Gunung Salak serta dilalui oleh beberapa aliran sungai yaitu Sungai Cisadane, Cinagara dan Cimande.

BUDIDAYA SALAK SLEBOR (SLEMAN BOGOR) ADA DI CARINGIN

Tanaman salak Slebor di produsi oleh P4S Antanan Cimande Bogor. Bibit salak ini berasal dari Sleman, di kembangkan di Cimande Bogor. Ternyata rasa dan aromanya bisa menyamai salak pondoh yang di tanam di Sleman.

Salak akan tumbuh dengan baik di daerah dengan curah hujan rata-rata per tahun 200-400 mm/bulan. Curah hujan rata-rata bulanan lebih dari 100 mm sudah tergolong dalam bulan basah. Berarti salak membutuhkan tingkat kebasahan atau kelembaban yang tinggi.

Penyembuhan Patah Tulang di Desa Duhur Kecamatan Caringin

Pusat Penyembuhan Patah Tulang berada di 2 ( dua ) desa yaitu Desa Cimande dan Desa Lemah Duhur Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor diperlukan jarak tempuh dari Tol Ciawi sekitar 18 Km. Penyembuhan Patah Tulang ini sejak 300 tahun yg lalu dan dikelola secara turun temurun. Adapun sesepuh yang ada sekarang adalah : - H. Gupron - H. Karyadi - Abah Yusup Asal - usul terjadinya penyembuhan/pengobatan patah tulang antara lain : - Perguruan pencak silat 300 tahun yg lalu pada saat itu dalam belajar silat banyak murid yg luka,bahkan ada yg patah tulangnya oleh sebab itu adanya inisiatipbagaimana caranya untuk mengatasi pe- nyembuhan. Cara pengobatan : Digunakan dengan sistim tradisional dengan dibantu peralatan medis. Pengunjung yg datang berobat diperkirakan tiap bulan 150 orang.

Sumber : http://www.wisatakabupatenbogor.com

BP3K Wilayah Caringin

Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K)  Wilayah Caringin Jl.Rangga Mekar Kelurahan Rangga Mekar Bogor Selatan Wilayah Kerja/Binaan : - Kecamatan Caringin - Kecamatan Cigombong - Kecamatan Cijeruk