Sehat Pedia

Presiden SBY Tinjau SDN Babakan Madang 01

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani meninjau SDN Babakan Madang 01, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Senin (22/8) siang. Didampingi Kepala Sekolah Sugiman dan beberapa guru, Presiden SBY dan Ibu Ani meninjau hampir semua ruangan yang ada di sekolah itu seperti ruang guru, ruang belajar, perpustakaan, dan toilet.

Usai meninjau seluruh sarana dan prasarana belajar mengajar di sekolah, Presiden SBY menilai kondisi sekolahnya sudah tidak layak lagi. “Setelah kita lihat prasarana dan sarana sekolah ini, saya harus mengatakan ini tidak layak. Ruang kelasnya tidak baik, kalau hujan bocor, dan papan tulis tidak layak. Perpustakaan juga tidak layak. Saya tidak ingin menyalahkan siapa-siapa, tapi ini harus kita perbaiki dan bangun kembali menjadi gedung sekolah yang layak untuk anak-anak kita,” tegas SBY.

“Pak bupati tadi mengatakan, kondisi seperti ini di daerah Bogor kurang lebih ada 12 persen. Dari sekitar 15 ribu kelas, jumlah yang rusak sekitar 1200. Saya inginkan mulai tahun depan, 2012 dan seterusnya gedung-gedung sekolah seperti ini, yang sangat tidak layak harus diperbaiki. Kalau perlu dibangun kembali,” SBY menekankan.

“Biaya pendidikan makin tinggi, jumlahnya spektakuler, 20 persen dari APBN. Gunakanlah untuk memperbaiki gedung SD, SMP seperti ini di seluruh Indonesia. Buat prioritas. Bangun yang paling rusak dulu dan tidak layak, kemudian baru yang kurang layak, dan akhirnya saya ingin tahun 2014 sudah dalam keadaan baik,” ujar SBY.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga menginginkan kondisi sekolah yang sehat. “Kamar mandi, tempat buang air kecil itu airnya harus mengalir, tidak boleh bau. Ini bisa menjadi kebiasaan hidup bersih dan sehat bagi anak-anak kita,” kata Kepala Negara.

“Saya bersyukur, dalam kondisi seperti ini 100 persen lulus, bahkan rata-rata nilainya 7,8. Bayangkan kalau sekolahnya dibuat baik, pasti lebih bagus lagi prestasinya,” tambahnya. Presiden mengucapkan terima kasih kepada para guru karena dalam kondisi seperti itu tetap bisa melaksanakan tugas dengan baik. “Insya Allah pahalanya akan datang. Sayangi muridnya-muridnya. Pemerintah terus meningkatkan kesejahteraan guru. Saya rasa juga sudah dirasakan. Dengan kesejahteraan yang makin baik, didik anak-anak dengan baik juga,” imbau Presiden SBY.

Kepala Negara menekankan bahwa diperlukan kebersamaan antara pemerintah pusat, pemerinta provinsi, dan pemerintah kabupaten untuk membangun sekolah-sekolah yang layak. “Dulu, karena ekonomi kita sulit disebabkan oleh krisis, barangkali tidak cukup banyak yang kita bangun, tapi sekarang tidak ada alasan. Anggaran pendidikan sudah besar,” kata SBY.

Kepada kepala sekolah, Presiden SBY dan Ibu Ani menyerahkan bantuan uang tunai senilai Rp50 juta dan paket buku untuk perpustakaan sekolah.

Sumber : http://www.demokrat.or.id/2011/08/presiden-sby-tinjau-sdn-babakan-madang-01/