Error
  • The template for this display is not available. Please contact a Site administrator.

Perbaiki Jalan di Kabupaten Bogor Butuh Dana Rp 42 Triliun

Warga Babakan Madang, Kabupaten Bogor resah lantaran ruas Jl. Raya Babakan Madang, Jl. Ciawi-Cicurug dan Jl. Raya Mercedes, Kecamatan Gunung Putri yang baru 3 bulan diperbaiki sudah rusak lagi. Warga menduga ada penyelewengan dalam proyek perbaikan jalan tersebut.

Berbagai upaya dilakukan warga bersama tokoh masyarakat dan kades setempat untuk memperbaiki jalan, tapi Pemkab Bogor belum juga bereaksi. “Kami sudah dua kali demo, dan minta diperbaiki, tapi cuma janji doang, sampai sekarang masih rusak. Mirip empang jika habis turun hujan,” ujar Arif, warga sekitar jalan Babakan Madang, Selasa (25/6/2013).

Menurut warga, jalan sepanjang 2,5 Km yang menghubungkan Babakan Madang ke perumahan Sentul baru diperbaki empat bulan dengan menghabiskan APBD 2012 Rp 4 miliar.  “Kami menduga kerusakan disebabkan bahan material yang digunakan tak sesuai standar,” duga Arif.

Selain warga, pejabat setempat juga meradang. Kades Kades Cicadas Adi Suwardi sangat menyesalkan sikap pemkab Bogor yang tidak segera memperbaiki kerusakan di Jl. Mercedes, Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri. “Janjinya akan diperbaiki Juni ini, tak cuma janji. Warga sudah pernah demo dan memblokir jalan ini tapi Pemkab belum juga merealisasikan,” ujar Suwardi.

Sementara itu, Kabid Rehabilitasi Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Bogor Budi Cw mengakui kerusakan jalan makin bertambah setiap tahunnya, sedangkan anggaran yang dibutuhkan relatif tak ada peningkatan di angka Rp 700-an miliar.

Budi berharap warga bisa bersabar. Apalagi dari anggaran sekitar Rp 700 miliar itu bukan seluruhnya buat perbaki jalan, tapi untuk pembangunan jembatan, drainase dan pembangunan jalan baru. “Jalan di Kabupaten Bogor sepanjang 1.748 Km, jika mau mulus dibutuhkan anggaran Rp 42 triliun untuk memelihara dan perbaikan,” tandas Budi.

Sumber : Pesatnews.com