Pedia adalah sebuah laman yang diinisiasi oleh Komunitas Tanah Impian, yang memiliki tujuan untuk menyajikan informasi yang dapat diolah dan diricek, agar dapat menjadi data yang bisa dijadikan Literasi bagi Perpustakaan di lingkungan Komunitas Tanah Impian.

Tanah Impian sendiri adalah sebuah Komunitas yang terdiri dari orang-orang yang mencintai nilai-nilai Leluhur Nusantara.

Latar Belakang

Berdirinya Komunitas Tanah Impian diinisiasi oleh Sapto Satrio Mulyo, yang awalnya ia seorang peneliti sejarah yang bekerja untuk dirinya sendiri, dalam rangka mengisi waktu senggangnya. Dalam perjalanan waktu, ia tertarik pada pengumpulan nilai-nilai Budaya Leluhur Bangsa Indonesia, yang secara langsung atau tiidak sangat mempengaruhi pola pikir Bangsa ini.

Berangkat dari tanggung jawab akan kesatuan dan persatuan Bangsa, maka hasil penelitian dan pola pikir tersebut dianggap perlu untuk dipublikasikan. Untuk itu, ia pun mengumpulkan teman-teman yang memiliki pemahaman bersama untuk mengembangkan media online yang pertama, yakni ; IndonesiaMandiri.com, dengan nama ini sempat berjalan beberapa tahun, lalu mengingat domain tersebut adalah bukan domain Indonesia, maka IndonesiaMandiri.com dilihkan ke IndonesiaMandiri.id.

Dengan domain IndonesiaMandiri.id pun sempat berjalan beberapa tahun, sebelum diganti dengan domain IndonesiaMandiri.web.id yang berjalan hingga sat ini. 

Adapun berita-berita yang diunggah ke IndonesiaMandiri.web.id adalah berita-berita mengenai berbagai persoalan yang ada di negeri ini.